Pompa Air Tenaga Surya

Pompa Air Tenaga Surya

 

Sebuah pompa bertenaga surya adalah situansan yang berjalan di listrik yang dihasilkan oleh panel fotovoltaik atau energi panas yang terpancar yang tersedia dari sinar matahari yang dikumpulkan dibandingkan dengan listrik jaringan atau pompa air diesel.

Pompa Air Tenaga Surya

Pengoperasian pompa bertenaga surya lebih ekonomis terutama karena biaya operasi dan perawatan yang lebih rendah dan memiliki dampak lingkungan yang kurang dari pompa yang digerakkan oleh mesin pembakaran internal (ICE). Pompa tenaga surya berguna jika jaringan listrik tidak tersedia dan sumber alternatif (khususnya angin) tidak menyediakan energi yang cukup.

Komponen

Sistem pompa bertenaga surya fotovoltaik memiliki tiga bagian:

  • panel surya
  • pengontrol
  • pompa

Panel surya membuat sebagian besar (hingga 80%) dari biaya sistem. [Rujukan?] Ukuran sistem-PV secara langsung tergantung pada ukuran pompa, jumlah air yang diperlukan (m³ / d) dan radiasi matahari tersedia.

Tujuan dari pengontrol ada dua. Pertama, itu cocok dengan daya output yang diterima pompa dengan daya input yang tersedia dari panel surya. Kedua, controller biasanya memberikan perlindungan tegangan rendah, dimana sistem dimatikan, jika tegangan terlalu rendah atau terlalu tinggi untuk rentang tegangan operasi pompa. Ini meningkatkan masa pakai pompa sehingga mengurangi kebutuhan pemeliharaan. Fungsi pendukung lainnya termasuk mematikan sistem secara otomatis ketika tingkat sumber air rendah atau ketika tangki penyimpanan penuh, mengatur tekanan keluaran air, memadukan input daya antara panel surya dan sumber daya alternatif seperti grid atau generator bensin, dan pemantauan dan pengelolaan sistem secara jarak jauh.

Tegangan motor pompa surya dapat berupa AC (arus bolak-balik) atau DC (arus searah). Motor arus searah digunakan untuk aplikasi kecil hingga menengah hingga sekitar 4 kW, dan cocok untuk aplikasi seperti air mancur taman, lansekap, air minum untuk ternak, atau proyek irigasi kecil. Karena sistem DC cenderung memiliki tingkat efisiensi keseluruhan yang lebih tinggi daripada pompa AC dengan ukuran yang sama, biaya berkurang karena panel surya yang lebih kecil dapat digunakan.

Akhirnya, jika pompa air tenaga surya arus bolak digunakan, diperlukan inverter yang mengubah arus langsung dari panel surya menjadi arus bolak-balik untuk pompa. Kisaran daya inverter yang didukung memanjang dari 0,15 hingga 55 kW dan dapat digunakan untuk sistem irigasi yang lebih besar. Namun, panel dan inverter harus berukuran sesuai untuk mengakomodasi karakteristik aliran masuk motor AC. Untuk membantu dalam ukuran yang tepat, produsen terkemuka menyediakan perangkat lunak pengukur kepemilikan yang diuji oleh perusahaan sertifikasi pihak ketiga.